Selasa, 26 Oktober 2021

Edugame, penghilang panik di saat AN

Asslamu'alaikum Wr. Wb.

Haii sahabat....

Kali ini saya kan bercerita tentang pengalaman saya ketika menjadi proktor pada kegiatan gladi bersih Asesmen Nasional. Pada tanggal 25 dan 26 Oktober 2021 adalah jadwal pelaksanaan Gladi Bersih Asesmen Nasional di tingkat Sekolah Dasar secara serentak di seluruh Indonesia. 

Di sekolah saya ada 16 murid yang melaksanakan gladi bersih Asesmen Nasional. Mereka terbagi menjadi 2 kelompok atau sesi. Sesi pertama dilaksanakan pada pukul 08.00 - 10.35 dan sesi kedua dilaksanakan pada pukul 13.00 - 15.35. 

Jadwal Asesmen Nasional Sekolah Dasar :

Hari ke-1

Waktu : 08.00 - 10.35 dan 13.00 - 15.35
Materi : 
  • Latihan (60 menit)
  • Literasi Membaca (75 menit)
  • Survei Karakter (20 menit)

Hari ke-2

Waktu : 08.00 - 10.00 dan 13.00 - 15.00
Materi :
  • Latihan (25 menit)
  • Numerasi (75 menit)
  • Survei Lingkungan Belajar (20 menit)
Pada hari pertama pelaksanaan gladi bersih AN, siswa - siswa saya sudah siap untuk melaksanakan AN dengan perasaan senang dan tegang karena merupakan pengalaman pertama bagi mereka. Pada saat awal mengerjakan soal dan saat proses login tiba - tiba server AN tidak bisa diakses. Saya mengira ini karena jaringan internet di sekolah saya yang tidak stabil. Tetapi setelah mencari informasi di grup proktor, hal ini juga terjadi hampir di semua lembaga. Hal ini terjadi karena server Asesmen Nasional sedang down atau server pusat masih dalam keadaan tidak stabil. 

Untuk mengisi waktu agar anak - anak tidak panik, dan sambil menunggu server pusat kembali berjalan dengan normal, maka saya arahkan anak - anak untuk mengakses portal Rumah Belajar. Di portal Rumah Belajar anak - anak saya minta untuk mengakses fitur Edugame. Saya bermaksud agar anak - anak tidak panik dan dapat santai merasa senang dengan bermain sambil belajar di Edugame.

logo Edugame

Berikut ini keseruan siswa - siswa saya saat mengakses fitur Edugame di tengah - tengah pelaksanaan AN yang sedang bermasalah :





Mereka sangat senang dan antusias sekali saat menggunakan portal Rumah Belajar terutama fitur Edugame. 
Memanfaatkan waktu sebaik - baiknya dengan hal yang menarik, asyik, dan edukatif tentunya dengan portal Rumah Belajar.

Siap Berbagi, Berkolaborasi dan Berinovasi


#PusdatinKemendikbudristek 
#PembaTIK2021 
#DutaRumahBelajar2021 
#RumahBelajar2021 
#BerbagiTIK




Tidak ada komentar:

Posting Komentar