Kamis, 29 Oktober 2020

Fitur Utama Rumah Belajar

Assalamu'alaikum wr wb, hallo sahabat belajar.....selamat datang di blog Guru Bersinar (Berbagi Inovasi Pembelajaran). Di blog ini saya akan berbagi tentang fitur - fitur utama di Rumah Belajar. Fitur - fitur ini sangat bermanfaat bagi siswa maupun guru dalam proses pembelajaran. Yuukkk, simak selengkapnya!

Fitur Utama di Rumah Belajar ada 4 macam, yaitu :

  1. Sumber Belajar. Sumber belajar merupakan fitur yang menyajikan materi ajar bagi siswa dan guru berdasarkan kurikulum. Materi ajar disajikan secara terstruktur dengan tampilan yang menarik dalam bentuk gambar, video, animasi, simulasi, evaluasi, dan permainan. Di dalam Sumber Belajar siswa maupun guru dapat mengunduh konten - konten pembelajaran baik berupa web, video maupun audio secara gratis. Untuk mempermudah mencari materi ajar di Sumber Belajar, kita bisa memilih jenjang dan kelas sesuai yang kita inginkan.
  2. Kelas Maya.  Kelas Maya merupakan  Learning Management System (LMS) yang dikembangkan khusus untuk memfasilitasi proses pembelajaran virtual atau tanpa tatap muka antara guru dan siswa. Dengan fitur ini, guru dapat memberikan bahan ajar yang dapat diakses dan dibagikan oleh siswa dalam bentuk digital kapan saja dan di mana saja. Akun di Kelas Maya ada 3 macam yaitu akun penyelenggara, akun guru dan akun siswa. Langkah pertama yang harus dilakukan jika ingin menggunakan Kelas Maya adalah daftar akun sebagai penyelenggara. Akun penyelenggara adalah pihak sekolah, jadi data yang dimasukkan dalam formulir pendaftaran sebagai penyelenggara adalah data sekolah. Setelah akun penyelenggara sudah diapprove oleh Pusdatin maka langkah kedua adalah daftar sebagai guru. Setelah guru mempunyai akun di Kelas Maya dan membuat kelas, maka langkah selanjutnya adalah daftar akun siswa. Pendaftaran akun siswa dapat dilakukan oleh siswa itu sendiri ataupun oleh guru. Proses pendaftaran akun di Kelas Maya selengkapnya dapat dilihat pada link Pendaftaran Kelas Maya. Di dalam Kelas Maya banyak sekali kegiatan pembelajaran yang bisa dilakukan, siswa bisa mengerjakan tugas, kuis bahkan soal ujian. Selain itu siswa dan guru juga bisa saling berdiskusi di forum diskusi yang ada di dalam Kelas Maya. Guru dapat memasukkan materi ajar berupa file pdf maupun video dan memantau hasil pekerjaan siswa di kolom penilaian.
  3. Bank Soal. Bank Soal merupakan fitur kumpulan soal dan materi evaluasi siswa yang dikelompokkan berdasarkan topik ajar. Tersedia juga berbagai akses soal latihan, ulangan, dan ujian. Siswa dapat berlatih mengerjakan soal latihan, ulangan bahkan ujian di fitur Bank Soal ini. Setelah siswa mengerjakan soal di dalam fitur Bank Soal, siswa bisa melihat hasil atau nilai yang diperoleh dan akan dicantumkan penjelasan dari soal - soal yang telah dikerjakan tadi.
  4. Laboratorium Maya. Laboratorikum Maya merupakan fitur simulasi praktikum laboratorium yang ada disajikan secara interaktif dan menarik, dikemas bersama lembar kerja siswa dan teori praktikum. Bagi sekolah di jenjang SMP dan SMA yang belum memiliki ruang laboratorium, fitur Laboratorium Maya ini sangat membantu untuk mendukung proses pembelajaran praktikum. Di Laboratorium Maya ini siswa dan guru dapat melakukan simulasi praktikum dengan mudah. Siswa dan guru bisa memilih materi sesuai yang akan dipraktekkan di Laboratorium Maya. 
merdeka belajarnya, rumah belajar portalnya, maju Indonesia


#PusdatinKemendikbud
#PembaTIK2020
#RumahBelajar2020
#DutaRumahBelajar2020
#BerbagiTIK

4 komentar: