Jumat, 30 Oktober 2020

Fitur Pendukung Rumah Belajar

Assalamu'alaikum wr wb,,
Hallo sahabat belajar,,, selamat datang di blog Guru Bersinar ( Berbagi Inovasi Pembelajaran ).
Setelah sahabat menyimak blog saya sebelumnya yaitu tentang Fitur Utama Rumah Belajar, kali ini saya akan membagi informasi yang tidak kalah menarik yaitu Fitur Pendukung Rumah Belajar. Ada 7 fitur pendukung Rumah Belajar yang sangat bermanfaat dan menarik bagi siswa dan guru yang dimanfaatkan dalam proses pembelajaran. 
Berikut ini fitur - fitur pendukung Rumah Belajar :
1.  Peta Budaya. Peta Budaya memiliki beberapa menu yang harus diketahui oleh pengguna, yaitu:
    • Menu bagian kanan atas merupakan Halaman seperti Bantuan dan lain-lain.
    • Menu bagian Kiri (sidebar) merupakan Kategori Peta Budaya dan beberapa fasilitas lain seperti Forum, dan List Konten Peta Budaya terbaru (Dashboard)
    • Untuk melihat konten budaya di setiap daerah, silahkan klik salah satu daerah pada peta Indonesia yang tersedia maka akan keluar konten budaya di daerah tersebut.
Mengunduh Konten Peta Budaya (Khusus Anggota):
    • Silahkan Log in terlebih dahulu
    • Pilih konten yang bersangkutan
    • Setelah masuk ke halaman penjelasan singkat konten, silahkan lihat bagian bawah. Pada Tab Download Peta Budaya, Pilih dan Tekan Link File untuk mengunduh.
Memberi Komentar dan Referensi (Khusus Anggota):
    • Silahkan Log in terlebih dahulu
    • Pilih model yang bersangkutan
    • Setelah masuk ke halaman penjelasan singkat model, silahkan lihat bagian bawah. Pada Tab Komentar, masukan tulisan di bagian Tambahkan Komentar. Jangan lupa untuk menekan tombol Kirim Komentar.
    • Setelah muncul informasi Komentar terkirim, silahkan tunggu sampai Admin menerbitkan komentar Anda
    • Sedangkan untuk memberikan Link Referensi, silahkan pilih Tab Referensi yang terletak di sebelah kanan Tab Komentar.
    • Referensi juga memerlukan Moderasi Admin. 
2. Buku Sekolah Elektronik. Buku Sekolah Elektronik berisi buku - buku pelajaran mulai dari jenjang PAUD, SD, SMP, SMA, SMKA dan Kesetaraan yang bisa digunakan untuk proses pembelajaran. File BSE berbentuk file pdf yang dapat didownload secara gratis.

3.   Wahana Jelajah Angkasa. Fitur wahana jelajah angkasa dapat digunakan peserta didik dan pendidik melakuakn jelajah lluar angkasa secara virtual (maya) dengan penampakan 3 dimensi (3D). Keinginan belajar astronomi sering kali terbentur akses dan fasilitas. Namun, sekarang belajar astronomi bisa lebih mudah. Ada Wahana Jelajah Angkasa ( World Wide Telescope ) yang terwujud dari kerja sama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Microsoft Indonesia. 

4.  Karya Bahasa dan Sastra. Untuk menambah kegiatan literasi peserta didik dan pendidik secara online kita bisa menggunakan salah satu fitur pendukung Rumah Belajar yaitu Karya Bahasa dan Sastra. 
Sumber Belajar Bahasa da Sastra memiliki menu yang harus diketahui oleh pengguna, yaitu :
  • menu bagian kanan atas merupakan Halaman seperti Bantuan dan lain-lain.
  • Menu bagian kiri (sidebar) merupakan Kategori Konten dan beberapa fasilitas lain seperti daftar   konten terbaru (Dashboard)
Memberi komentar dan mengunduh :
  • Silahkan login terlebih dahulu
  • Pilih konten yang bersangkutan
  • Setelah masuk ke halaman penjelasan singkat konten, silahkan lihat bagian bawah. Pada Tab Komentar, masukkan tulisan di bagian Tambahan Komentar. jangan lupa untuk menekan tombol Kirim Komentar.
  • Setelah muncul informasi Komentar terkirim, silahkan tunggu sampai Admin menerbitkan komentar Anda
5.  Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. PKB merupakan fitur yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kompetensi guru, terutama kompetensi yang berkaitan dengan pengintegrasian TIK dalam pembelajaran. Fitur ini menyediakan informasi tentang pelatihan, seminar dan perlombaan yang berkaitan dengan pemanfaatan TIK dalam pembelajaran.
         Untuk dapat mengakses fitur PKB pada portal Rumah Belajar, kita harus mendaftar atau membuat akun pada laman Sistem Informasi Manajemen Pelatihan Berbasis TIK (SimpaTIK) yang langsung akan muncul ketikan kita meng-klik menu Fitur PKB oada Portal Rumah Belajar. Ketika mendaftar, kita akan diminta untuk mengisi informasi terkait data diri seperti nama, alamat, e-mail, data kepegawaian dan lain-lain. Setelah pendaftaran berhasil, maka kita akan dapat masuk dan mengakses laman SimpaTIK dengan menggunakan alamat e-mail dan password yang digunakan ketika mendaftar. Setelah berhasil masuk menggunakan akun yang kita miliki, kita dapat menemukan informasi terkait pelatihan, smeina, atau perlombaan yang akan dilaksanakan. Pada setiap menu pelatihan, seminar atau perlombaan yang disajikan akan dilengkapi dengan informasi terkait materi, waktu, tempat dan metode pelaksanaannya, bila kita berminat untuk mengikuti pelatihan, kita bisa langsung mendaftar pada menu pendaftaran yang telah disediakan. Selanjutnya, kita tinggal menunggu konfirmasi status pendaftaran, apakah kita diterima sebagai peserta atau tidak. Bila kita diterima sebagai peserta pelatihan, maka kita akan diberikan akses untuk masuk ke kelas pelatihan yang disediakan.
        Ada dua metode pelaksanaan pelatihan yang ditawarkan, pelatihan dalam jaringan (online) atau luar jaringan (offline) atau pelatihan tatap muka di tempat yang telah ditentukan. Untuk itu, sebelum mendaftarkan diri menjadi peserta pada sebuah pelatihan, ada baiknya kita membaca informasi rinci terkait metode pelaksanaan pelatihan karena biasanya untuk pelatihan tetap muka, penyelenggara tidak menanggung biaya transportasi dan akomodasi peserta. Bila pelatihan yang kita ikuti dilaksanakan dalam jaringan (online), biasanya kita akan diminta untuk mempelajari modul materi yang telah disediakan kemudian mengerjakan penigasan - penugasan yang diberikan. Pada beberapan pelatihan, biasanya akan ada ujian akhir yang juga dilaksanakan dalam jaringan. Bila kita telah memenuhi semua kriteria dan syarat yang ditentukan untuk dapat dinyatakan lulus dalam pelatihan yang kita ikuti, maka kita akan memperoleh sertifikat yang dikirim secara langsung atau bisa kita unduh pada menu "Sertifikat Saya pada akun SimpaTIK yang kita miliki.

6.  Edugame. Bermain sambil belajar dengan fitur Edugame Rumah Belajar, fitur ini menyediakan beragam game interaktif yang dapat dimanfaatkan oleh siswa baik secara mandiri maupun dengan bimbingan guru atau orang tua. Permaian yang disediakan telah dirancang untuk membantu siswa memahammi konsep dasar dari materi yang disajikan. 
7. Pena Rumah Belajar. Pena Rumah Belajar merupakan blog resmi dari Rumah Belajar. Para pendidik boleh mengisi Blog Pena Rumah Belajar sesuai isi cerita yang ingin disampaikan. Cerita yang ingin ditulis di blog Pena hendaknya berkaitan dengan Rumah Belajar.

merdeka belajarnya, rumah belajar portalnya, maju Indonesia


#PusdatinKemendikbud
#PembaTIK2020
#RumahBelajar2020
#DutaRumahBelajar2020
#BerbagiTIK


7 komentar: