Kamis, 29 Oktober 2020

Hadirkan Karakter Rasulullah di Rumah Kita

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh...,,

Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh atau sering disebut dengan pembelajaran daring memaksa orang tua untuk mendampingi kegiatan belajar anak - anaknya di rumah. Demi membantu proses pembelajaran jarak jauh di rumah maka salah satu ikhtiar SDIT Ar Ruhul Jadid adalah mengadakan kegiatan parenting daring dengan mengusung tema "Hadirkan Karakter Rasulullah di Rumah Kita". Kegiatan parenting ini dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 29 Oktober 2020 mulai pukul 07.30 sampai pukul 10.30 WIB. Acara parenting memakai aplikasi zoom meeting. Narasumber acara parenting ini adalah DR. Sri Susanti Tjahja Dini, M.Pd, beliau adalah seorang Psikolog dan founder Sekolah Baruku. 

Profil narasumber : 
Nama     : DR. Sri Susanti Tjahja Dini, M.Pd
TTL       : Majalengka, 1 juni 1970
Alamat   : Jl. Bantaran VG No. 3, Tulusrejo, Lowokwaru, Malang, Jawa Timur
Email     : santimylife@gmail.com
No. HP   : 081233160459
Materi yang diusung oleh penyelenggara sangat bagus dan menarik. Dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh kita harus mencontoh keteladanan Nabi Muhammad SAW untuk membimbing putra putri kita belajar di rumah. 
Untuk meneladani pola asuh Rasulullah SAW, orang tua harus memahami tingkat perkembangan fisik otak dan intelektual anak. Hal ini dapat dilihat pada tabel perkembangan fisik otak dan intelektual berikut ini :


Pada usia 0 - 2 tahun : orang tua perlu mengembangkan kasih sayang dua arah
Pada usia 2 - 7 tahun : orang tua memberikan dasar - dasar tauhid pada anak yang mendorongnya untuk bergerak melakukan sesuatu yang baik menurut Allah.
Pada usia 7 - 10 tahun : orang tua memberikan pendidikan pokok syariat, sehingga anak dapat membedakan baik dan buruk melalui penalarannya.
Pada usia 10 - 15 tahun : anak memerlukan pengembangan potensinya, pada masa ini anak sudah sampai aqil baligh.
Pada usia 15 - 18 tahun : pada usia ini harus tertanam pada diri anak rasa tanggung jawab, baik kepada diri sendiri, orang tua maupun lingkungannya.

Langkah - langkah dalam meneladani pola asuh Rasulullah SAW adalah : 

  1. Pembinaan Akhlak
  2. Pembinaan Ibadah
  3. Pembinaan Kemasyarakatan
  4. Membentuk Jiwa Anak
  5. Membentuk Fisik dan Kesehatan Anak
  6. Membentuk Inetelektualitas Anak
  7. Meluruskan Dorongan Seksualitas Anak     
Dalam penggunaan gadget untuk pelaksanaan pembelajaran jarak jauh, orang tua dan siswa harus membuat sebuah komitmen yang jelas dan konsisten dengan komitmen tersebut agar tidak terjadi penyalahgunaan gadget oleh anak - anak dan pembelajaran pun terlaksana dengan baik dan lancar.

Kita banyak sekali belajar dari Rasulullah SAW, salah satunya adalah pola asuh kepada putra putri kita. Semua aspek yang ada dalam pelaksanaan pola asuh ini harus mendapatkan porsi yang sama, dan untuk membedakan seberapa besar porsi aspek pola asuh yang kita berikan kepada putra putri kita, kita harus sesuaikan dengan usia putra putri kita.

Semua Keteladanan Ada Pada Diri Rasulullah Muhammad SAW

3 komentar:

  1. Sangat bermanfaat infonya..paling tdk kita sdh tau bagaimana cara menciptakan karakter anak kita untuk menjadi anak yg berkarakter ala Rasullullah.

    BalasHapus