Selasa, 20 Oktober 2020

Jombang Bersama Rumah Belajar #1

Sosialisasi Pemanfaatan Rumah Belajar #1


Sosialisasi Pemanfaatan Portal Rumah Belajar di lingkup guru SD se Kabupaten Jombang yang pertama dilaksanakan pada tanggal 19 Oktober 2020. 

Acara ini dilakukan dalam 2 sesi, yaitu :

Sesi I dimulai pukul 08.00 s/d 10.00, diikuti oleh guru Sekolah Dasar Negeri dan Swasta di wilayah kecamatan Jombang dan kecamatan Diwek sebanyak 92 orang.

Sesi II dimulai pukul 10.00 s/d 12.00, diikuti oleh guru Sekolah Dasar Negeri dan Swasta di wilayah kecamatan Ngoro, Ngusikan dan Mojoagung sebanyak 76 orang. 

Link daftar hadir peserta ada di sini.

Acara dibuka oleh Bapak Jumadi selaku sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang.


Bapak Jumadi berpesan "kemajuan pendidikan harus terus dilanjutkan meskipun di tengah-tengah masa pandemi covid sekarang ini. Hidup ini tidak berhenti dari belajar, kita bisa terus mengupdate proses belajar kita dengan Rumah Belajar. Semoga ilmu yang kita dapatkan bermanfaat, maslahat dan barokah dunia dan akhirat". Acara dibuka dengan membaca Al qur'an Surat Al Fatihah.

Sambutan oleh Ibu Garti Sri Utami selaku Pengembang Teknologi Pendidikan Ahli Utama Pusdatin Kemendikbud.


Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini ibu Garti berharap Rumah Belajar tidak hanya disimak saja tapi juga diterapkan oleh bapak dan ibu guru di Kabupaten Jombang dalam proses pembelajarannya. 


Penyampaian materi tentang portal rumah belajar oleh Wiwin Fida Yanti dan Didin Handoko. 
Fitur Utama dijelaskan oleh Wiwin Fida Yanti
Fitur Pendukung dan Sumber Belajar lainnya dijelaskan oleh Didin Handoko
Setelah penyampaian materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

 

Pertanyaan pertama dari SDN Kepanjen 2 yaitu Mengapa di fitur pendukung seperti Peta Budaya ada yang belum terisi kontennya?
Pertanyaan ini dijawab oleh Pak Didin : karena portal Rumah Belajar masih terus dalam proses pengupdate data, jadi jika ada fitur yang belum terisi kontennya maka itu masih dalam proses.

Pertanyaan kedua dari SDN Candimuyo yaitu Bagaimana cara mengisi konten di Portal Rumah Belajar?
Pertanyaan ini dijawab oleh Bu Wiwin : jika ingin mengisi konten di rumah belajar maka kita harus mendaftarkan akun terlebih dahulu di Portal Rumah Belajar dan setiap konten yang akan dimasukkan terlebih dahulu diiseleksi oleh Pusdatin apakah konten itu sudah memenuhi syarat untuk masuk di dalam Rumah Belajar.



Belajar dari rumah dengan Rumah Belajar
Belajar di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja


#PusdatinKemendikbud
#PembaTIK2020
#RumahBelajar
#DutaRumahBelajar2020
#BerbagiTIK





Tidak ada komentar:

Posting Komentar