Selasa, 13 Oktober 2020

Jombang Bersama Rumah Belajar

Sosialisasi Rumah Belajar
di Lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang

Dalam rangka meningkatkan kompetensi guru – guru di seluruh Indonesia dan sejalan dengan misi kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menumbuhkan guru – guru penggerak di komunitas dan daerahnya, Pusdatin Kemendikbud menyelenggarakan program Pembelajaran Berbasis TIK  (PemabaTIK) yang dilaksanakan dengan system berjenjang dari Level 1 : Literasi, Level 2 : Implementasi TIK, Level 3 : Kreasi TIK, Level 4 : Berbagi. Saat ini, pelaksanaan PembaTIK memasuki Level 4 : Berbagi, dimana peserta yang memasuki level 4 ini merupakan 30 peserta terbaik dengan nilai tertinggi di masing – masing provinsinya. Pada Level 4 ini peserta ditugaskan untuk mensosialisasikan tentang Pemanfaatan Portal Rumah Belajar kepada siswa dan guru-guru di daerahnya masing – masing. Pemanfaatan Portal Rumah Belajar sangat mendukung untuk proses pembelajaran jarak jauh yang sedang dilaksanakan di masa pandemi covid-19 sekarang ini. Dengan ini kami mohon ijin mengadakan kegiatan sosialisasi dengan tema “Pemanfaatan Rumah Belajar Sebagai Platform Pendukung Program Belajar dari Rumah”.

Tujuan

·         Berbagi cara pemanfaatan Rumah Belajar dalam pembelajaran 

·         Membantu siswa dan guru mengembangkan inovasi pembelajaran berbasis TIK dalam pembelajaran

·         Membantu guru – guru mengisi konten – konten Rumah Belajar sebagai karya inovasi

 Metode Sosialisasi

Kegiatan sosialisasi akan dilakukan dengan sistem tatap maya dengan menggunakan zoom meeting dan live streaming youtube Suara Pendidikan TV.

Waktu dan Tempat

Hari, Tanggal            : 19 s/d 22 Oktober 2020
Tempat                       : Menyesuaikan kecamatan masing-masing

Jadwal                      


Peserta Sosialisasi

Kegiatan ini diikuti oleh guru – guru mulai dari jenjang SD Negeri dan SD Swasta di Kabupaten Jombang. Dihadirkan narasumber dari Sahabat Rumah Belajar Jawa Timur. Selain itu, dihadirkan pula pegawai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

 Materi Sosialisasi

Materi kegiatan ini adalah  tentang Rumah Belajar mencakup penjelasan tentang fitur – fitur yang ada di Rumah Belajar mulai dari fitur utama sampai fitur pendukungnya. Selain itu juga akan dijelaskan cara menggunakan fitur – fitur Rumah Belajar dalam pembelajaran jarak jauh.


Bersama Ketua PGRI Kabupaten Jombang, Bapak Sudarmaji dan Sekretaris PGRI, Bapak Sulaikan . Alhamdulillah beliau sangat mendukung kegiatan sosialisasi Rumah Belajar di lingkup Kabupaten Jombang. Beliau berdua lah yang membimbing kami untuk berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang.

   

Bersama Bapak Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang Bapak Jumadi. Beliau juga sangat mendukung kegiatan sosialisai Rumah Belajar yang akan kami laksanakan. Beliau juga memfasilitasi kegiatan sosialisasi kami dengan mengijinkan menggunakan room zoom Radio Suara Pendidikan Jombang dan membuatkan jadwal sosialisasi kami kepada seluruh Sekolah Dasar yang ada di Kabupaten Jombang baik Sekolah Negeri maupun Sekolah Swasta.



Bersama Rumah Belajar
Belajar Di Mana Saja, Kapan Saja, Dengan Siapa Saja


#PembatikLevel4Jatim
#Pembatik2020
#RumahBelajar
#Pusdatinkemdikbud
#GuruBerbagi
#Gurupenggerak


1 komentar: